Sejarah Berdirinya MNC TV

 
TV Digital Surabaya - Mungkin banyak yang belum tahu bahwa MNC TV dahulunya bernama TPI (Televisi Pendidikan Indonesia) dan mulai siaran pertama di Jakarta. MNC TV merupakan stasiun televisi swasta ketiga di Indonesia setelah RCTI dan SCTV. Didirikan oleh Mbak Tutut yang saham terbesarnya di miliki oleh PT. Cipto Lamtoro Gung Persada. Awal berdirinya MNC TV (dahulu TPI) hanya menyiarkan acara edukatif saja dan saat itu TPI hanya mengudara 2 jam saja pukul 19.00-21.00 WIB.

TPI adalah satu satunya televisi yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyiarkan materi pelajaran pendidikan menengah. Awal mulanya hanya siaran 2 jam, terus 4 jam selanjutnya sejak tanggal 1 Juni 1991  menjadi 6,5 jam. Dengan perkembangannya yang pesat pada akhir tahun 1991 menambah jam siaran menjadi 8 jam.

Seiring berjalan waktu TPI juga menyiarkan acara musik dangdut, kuis dan sinetron sebagai selingan. Saya masih ingat betul acara dangdut yang terkenal saat itu acara kuis dangdut yang di bawakan oleh Jaja Miharja. Program kontes dangdut Indonesia yang merupakan versi dangdut dari kontes semacam American Idol dan Indonesian Idol merupakan salah satu program unggulan TPI saat itu.

Sejak Oktober 2003, 75% saham TPI di miliki oleh Media Nusantara Citra (MNC) yang merupakan kelompok perusahaan yang memiliki RCTI dan Global TV.

Di karenakan TPI sudah tidak menyiarkan acara pendidikan, pada tanggal 20 oktober 2010 resmi berubah menjadi MNC TV. Hal ini juga upaya dalam rangka mengubah citra TPI di mata masyarakat.

Demikianlah sedikit cerita sejarah berdirinya MNC TV. Baca juga artikel sejarah berdirinya TV yang lain


0 comments:

Post a Comment