RCTI, Televisi Swasta Pertama Di Indonesia

 

TV Digital Surabaya - RCTI singkatan dari Rajawali Citra Televisi Indonesia merupakan televisi swasta pertama di Indonesia mulai mengudara pada tanggal 13 November 1988 dan di resmikan pada tanggal 24 Agustus 1989. Pada mulanya RCTI memperoleh ijin siaran dan dapat di terima dengan menggunakan dekoder khusus hanya meliputi Jakarta dan sekitarnya.Saat awal siaran RCTI hanya menyiarkan ulang acara-acara dari luar negeri karena pertimbangan biayanya lebih murah di banding dengan memproduksi acara sendiri.

Seiring berjalan waktu ternyata pemilik dekoder RCTI semakin bertambah meliputi wilayah se-Jabotetabek maka selang 1 tahun pemerintah mengijinkan RCTI untuk bersiaran bebas tepatnya tanggal 24 Agustus 1990.

Hampir dalam waktu yang bersamaan di Surabaya juga di dirikan "saudara kembar" RCTI yaitu SCTV (Surya Citra Televisi) di bawah perusahaan PT Bimantara Citra Tbk. Pada tahun 1997 terjadi kekisruhan antara pemilik saham RCTI dan SCTV. Hal ini di karenakan pemilik saham SCTV merasakan ketidakadilan PT Bimantara Citra Tbk, yang lebih menomorsatukan RCTI ketimbang SCTV. Akhirnya antara RCTI dan SCTV berpisah dan menjalankan operasionalnya masing masing.

Sejak tanggal 1 Oktober 2003, RCTI di miliki oleh MNC (Media Nusantara Citra). Kelompok perusahaan ini juga memiliki Global TV dan TPI yang sekarang berubah menjadi MNC TV. Direktur utama RCTI saat ini di pegang oleh Hari Tanoesoedibjo yang merupakan Presiden Direktur dan CEO dari Media Nusantara Citra (MNC) dan Global Mediacom. Kini JakTV, televisi lokal Jakarta juga di gandeng dalam satu manajemen yaitu grup MNC.

0 comments:

Post a Comment